Friday, February 28, 2014

Pengertian Saham



     Apa itu saham?

 

Dewasa ini, bahkan orang-orang di kota-kota terpencil pun sudah pernah mendengar kata saham. Mungkin di televisi, radio, kata saham bukan lagi menjadi kata yang janggal untuk tersiar. Tak sedikit media massa yang mengulas saham dalam suatu program khusus.
Tapi, apakah semua orang di negara ini mengerti dengan pengertian saham?
Mungkin belum semua, termasuk sobat blajarsaham yang mampir ke blog sederhana ini. Hihihi.
Yuk, langsung kita ulas sebisanya...

Menurut wikipedia, saham adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. [1] Dengan menerbitkan saham, memungkinkan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pendanaan jangka panjang untuk 'menjual' kepentingan dalam bisnis - saham (efek ekuitas) - dengan imbalan uang tunai.[2] Ini adalah metode utama untuk meningkatkan modal bisnis selain menerbitkan obligasi.[2] Saham dijual melalui pasar primer (primary market) atau pasar sekunder (secondary market).


Nah, dalam pengertian awam, bisa kita analogikan permainan saham sama seperti ‘patungan’ dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan sobat ingin memiliki sebotol miras dengan harga Rp.150000,- akan tetapi sobat hanya memiliki uang sebesar Rp.100000,- tanpa disangka teman anda ikut mengeluarkan uang Rp.50000,- untuk membeli miras tersebut, karena ia juga menginginkannya. Dapat diartikan bahwa teman anda memiliki andil sebesar 1/3 sedangkan sobat sendiri memiliki andil 2/3 dari sebotol miras tersebut.
 


     Jenis saham

      Saham biasa (common stock) 

Saham biasa adalah saham yang menempatkan pemiliknya pada prioritas akhir terhadap pembagian dividen dan hak atas kekayaan perusahaan apabila perusahaan dilikuidasi.

Pemilik saham berhak untuk mengalihkan kepemilikan sahamnya pada orang lain. Hal ini lah yang biasa disebut jual beli saham. Kata saham yang biasanya sering terdengar pun merujuk pada saham biasa yang sedang kita bahas saat ini. Setiap pemilik saham memiliki hak suara dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Saham Preferen (preferen stock)

Pernah mendengar kata obligasi? Saham preferen sendiri dapat dikatakan sebagai gabungan antara saham biasa dengan obligasi. Ada beberapa karakteristik obligasi yang ditiru oleh saham preferen, diantaranya yaitu memberikan hasil yang tetap untuk para pemiliknya. Biasanya, saham preferen memberikan pilihan tertentu dalam hal pembagian dividen. Ada pembeli saham preferen yang memilih untuk menerima dividen, ada juga yang memilih dalam bentuk lain.

1 comment: